Rangkuman 1 (MJ183F)

PERTEMUAN KE-1

“BERAGAM ALASAN  PENGGUNAAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK DAN PERANGKAT LUNAK”

 

(1)      Semua negara maju ekonominya bergantung pada perangkat lunak (PL)

(2)     Makin banyak sistem yang dikendalikan oleh PL

(3)     RPL berkaitan dengan teori, metode dan alat untuk pembangunan PL secara profesional.

(4)     Pengeluaran dana untuk PL di negara maju sangat besar.

(5)     Harga PL sering lebih mendominasi harga sistem komputer. Harga PL pada PC sering lebih mahal dari pada harga perangkat kerasnya.

(6)     Biaya pemeliharaan PL lebih mahal dibanding biaya pembuatannya.

(7)     RPL berkaitan dengan biaya efektif pembuatan PL.

PERANGKAT LUNAK :

(1)      Program komputer dan dokumentasi yang berkaitan seperti dokumen kebutuhan, rancangan, dan user manual.

(2)      Produk PL bisa dibangun untuk pengguna khusus atau umum:

  • Generic – dibangun untuk dijual ke pengguna yang berbeda-beda – misalnya PL untuk PC seperti Excel atau Word.
  • Bespoke (custom) – untuk pengguna khusus/pemesan sesuai kebutuhannya.

(3)      PL baru bisa dibuat dengan membangun program baru, konfigurasi sistem PL atau gunakan lagi (reuse) program yang sudah ada.

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

(1)      Disiplin ilmu rekayasa atau teknik yang berkaitan dengan semua aspek dalam membuat PL

(2)      RPL harus mengikuti pendekatan yang sistematis dan teratur dan menggunakan alat dan teknik yang cocok sesuai dengan masalah yang akan dipecahkan, batasan pembangunan dan sesumber yang tersedia

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

ILMU KOMPUTER

Berkaitan dengan praktek pembangunan PL. Berkaitan dengan teori dan konsep-konsep dasar
Ilmu komputer sebagai penyangga RPL. Masih kurang

 

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

REKAYASA SISTEM

Bagian dari rekayasa sistem(pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada system) Berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan system berbasis komputer

SOFTWARE PROCESS :

(1)      Serangkaian aktifitas yang tujuannya adalah pembangunan atau evolusi PL

(2)      Aktifitas umum dalam semua proses PL :

  • Spesifikasi – apa yang dilakukan sistem dan batasan pembangunan
  • Pembangunan- produksi dari sistem PL
  • Validasi – pemeriksaan apakah PL sesuai dengan permintaan pemesan
  • Evolusi – mengubah PL untuk menyesuaikan perubahan permintaan.

SOFTWARE PROCESS MODEL :

Gambaran sederhana dari proses PL, berdasarkan pandangan tertentu.

Contoh :

  • Workflow – aktivitas yang berurutan;
  • Data-flow – arus informasi;
  • Role/action – siapa melakukan apa.
  • Model process, contohnya
    • Waterfall;
    • Iterative development;
    • Component-based software engineering.

BIAYA RPL :

(1)    Secara kasar 60% dari biaya untuk pembangunan dan 40% untuk pengujian. Untuk PL custom, biaya evolusi sering melebihi biaya pembangunan..

(2)    Biaya bervariasi tergantung pada tipe sistem yang dibangun dan kebutuhan sistem seperti kinerja dan kehandalan sistem.

(3)    Distribusi biaya bergantung pada model pembangunan yang digunakan.

PENYEBAB PERMASALAHAN ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI :

(1)    Pengaruh TI yang mendalam à Kehidupan manusia yang terkait dengan etika;

(2)    Manajer yang menentukan penerapan TI ke organisasi à bertanggungjawab permasalahan etika.

PERMASALAHAN ETIKA DALAM LINGKUNGAN SISTEM INFORMASI :

(1)    Privacy

(2)    Intelectual Property Right;

(3)    Penghentian kerja;

(4)    Security;

(5)    Accuracy and Health

PRIVACY :

(1)      Tuntutan seseorang untuk tidak dicampuri, diawasi/diganggu oleh orang-lain / organisasi maupun negara.

(2)      Tuntutan privacy seseorang dilindungi oleh beberapa undang-undang di beberapa negara.

Undang-undang Privacy di USA dan Uni Eropa Berdasarkan Prinsip :

Fair Information Practices (FIP) Principles , 1973 (Komite Penasehat Pemerintah Federal – Depkes, Dep. Pendidikan dan Dept. Sosial).

  1. Seyogyanya tidak ada system-sistem pencatatan pribadi yang keberadaannya dirahasiakan;
  2. Setiap individu mempunyai hak-akses, inspeksi, kaji-ulang, merubah terhadap sistem-sistem yang berisi informasi tentang individu;
  3. Tidak diijinkan penggunaan informasi pribadi untuk keperluan-keperluan diluar tujuan pengumpulan informasi tanpa ijin  terlebih dahulu;
  4. Para manajer dari sistem-sistem bertanggung-jawab dan dapat diminta pertangung-jawabannya untuk kerugian yang disebabkan oleh reliabilitas dan security dari sistem-sistem itu;
  5. Pemerintah mempunyai hak untuk mengintervensi hubungan-hubungan informasi dari pihak swasta.

Contoh Kasus Etika Privacy :

(1)    Memonitor e-mail;

(2)    Memonitor prilaku pekerja;

(3)    Menjual informasi pribadi pelanggan / karyawan.

INTELECTUAL PROPERTY RIGHT :

Beberapa alasan untuk melakukan pembajakan perangkat lunak—melanggar hak kepemilikan intelektual :

(1)        Mudah dilakukan dan dapat dilakukan dimanapun;

(2)        Hasil copian sama dengan hasil membeli;

(3)        Hargan P/L asli  sangat mahal;

(4)        Perusahaan pembuat P/L tidak merugi karena sudah mendapatkan keuntungan.

PENGHENTIAN KERJA :

Dampak positif penerapan TI  dalam suatu perusahaan :

(1)        Meningkatkan produktivitas;

(2)        Meningkatkan kualitas pekerjaan;

(3)        Memperkaya pekerjaan.

Dampak  negatifnya :

Penggantian manusia dengan TI à efisiensi.

 

SECURITY :

Kelalaian dan kesengajaan seseorang dapat merusak security (sistem komputer) :

(1)    Meninggalkan terminal komputer tanpa dijaga;

(2)    Menuliskan password di suatu tempat yang dibaca orang lain;

(3)    Memberikan password kepada orang-lain.

ACCURACY AND HEALTH :

Suatu system–kumpulan program–yang telah dijual di pasar harus bebas kesalahan karena tidak etis menjual sistem yang masih ada kesalahan program—bug—di pasar.

Penerapan TI pada suatu perusahaan dapat merusak kesehatan :

(1)    Repetitive Stress Injury (RSI) :

Urat syaraf dipaksa bekerja berulang-ulang dengan tekanan yang berat / rendah à Carpal tunnel syndrome—tekanan syaraf menimbulkan penyakit struktur tulang pinggang—dapat dihindari dengan merancang letak komputer–ergonomic;

(2)    Computer Vision Syndrome :

Terlalu sering membaca di monitor menyebabkan pandangan mata kabur, mata pedas dan berair, kepala pusing, mata kering dab iritasi.

Dapat dihindari dengan menambahkan lensa di monitor.

(3)    Technostress :

Bertindak kasar dan tidak sabar karena stress menggunakan komputer secara kontinyu.

Tinggalkan komentar